PSSI Setuju Saja Piala Dunia Digelar Lebih Sering

By ommed


nusakini.com - PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia menyetujui Piala Dunia digelar dua tahun sekali. Jika normal saat ini, Piala Dunia merupakan kalender akbar sepakbola dunia, yang digelar empat tahun ini. Namun, FIFA punya rencana untuk membuat Piala Dunia lebih sering.

Pernyataan PSSI itu dikeluarkan usai mereka mengikuti rapat virtual dengan federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Khiev Sameth selaku presiden, dan diikuti seluruh negara anggota dari AFF, termasuk Indonesia.


Menurut Yunus Nusi selaku sekretaris jenderal PSSI, seluruh anggota AFF setuju jika Piala Dunia digelar dua tahun sekali. "Pada dasarnya PSSI setuju dengan adanya percepatan Piala Dunia yang akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali, baik itu untuk kelompok umur, dan senior,” urainya.

Tentunya, jika kalender FIFA berubah, kalender kompetisi negara-negara anggota mereka termasuk Indonesia akan ikut berubah. Maka dari itu, Yunus berharap akan ada pembahasan lebih lanjut terkait kompetisi internasional antarnegara di bawah FIFA.

“Kami menyarankan harus ada diskusi lebih mendalam antara AFF dan FIFA. Kemudian FIFA mengajukan proposal kepada tiap-tiap negara anggota agar bisa dikaji kembali, dan dipertimbangkan oleh negara-negara tersebut," ucap sosok asal Kalimantan Timur itu.


Timnas Indonesia memang belum tahu kapan bisa ambil bagian pada Piala Dunia, tapi setidaknya Indonesia sudah dipastikan bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Piala Dunia U-20 itu harusnya digelar pada 2020, namun ambyar karena pandemi virus corona.

“Untuk diketahui, kami saat ini sedang mengadakan kompetisi. Kami juga sedang konsentrasi untuk mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U-23 tahun 2023. PSSI mengharapkan dukungan semua pihak agar Piala Dunia U-20 nanti dapat berjalan dengan baik.’’ (gi/om)